Pengantar Teknologi Game
Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang apa itu game beserta sejarahnya. Game/permainan adalah sesuatu yang sangat digemari
oleh anak-anak hingga orang dewasa. Game berarti “hiburan”. Permainan
game juga merujuk pada pengertian sebagai “kelincahan intelektual”
(intellectual playability). Sementara kata “game” bisa diartikan sebagai
arena keputusan dan aksi pemainnya. Ada target-target yang ingin
dicapai pemainnya. Kelincahan intelektual, pada tingkat tertentu,
merupakan ukuran sejauh mana game itu menarik untuk dimainkan secara
maksimal.
Beberapa waktu lalu istilah “game” yang dalam bahasa Indonesia adalah
“permainan” identik dengan anak-anak selaku pemain. Tentunya dalam
permainan itu suatu kegiatan yang dilakukan oleh anak-anak yang menurut
mereka itu dapat menyenangkan hati mereka. Segala bentuk kegiatan yang
memerlukan pemikiran, kelincahan intelektual dan pencapaian terhadap
target tertentu dapat dikatakan sebagai game. Tetapi yang akan dibahas
pada kesempatan ini adalah game yang terdapat di komputer, baik off line
maupun online.
Saat ini perkembangan games di komputer sangat cepat. Para pengelola
industri game berlomba-lomba untuk menciptakan game yang lebih nyata dan
menarik untuk para pemainnya. Hal inilah yang membuat perkembangan
games di komputer sangat cepat. Sehingga games bukan hanya sekedar
permainan untuk mengisi waktu luang atau sekedar hobi. Melainkan sebuah
cara untuk meningkatkan kreatifitas dan tingkat intelektual para
penggunanya.
Aplikasi games dapat dijalankan pada berbagai platform. Beberapa
platform media yang bisa dijadikan pilihan untuk advergames adalah :
1. Personal Computer berupa aplikasi games pada PC.
Games ini dijalankan pada personal computer. Pada media Personal
Computer, durasi waktu penayangan adalah tidak terbatas, selama games
tersebut bagus dan mampu menghibur audience/pemain, maka selama itulah
tingkat kemungkinan untuk dilihat audience akan semakin tinggi.
Pembuatan Games ini biasanya menggunakan Language C++ / C#, membutuhkan
waktu 3-6 bulan tergantung dengan kompleksitas games tersebut.
2. Web Based Games. Yaitu aplikasi games yang
diletakkan pada server di internet dimana audience/pemain hanya perlu
menggunakan akses internet dan browser untuk mengakses games tersebut.
Corporate yang memiliki keinginan mengumpulkan komunitas internet dan
sekaligus memperkenalkan product/brandnya kepada komunitas Internet
sangat cocok memilih media games online internet ini. Pilihan ini banyak
digunakan karena dapat meningkatkan traffic pada suatu website Bila
games yang dibutuhkan simple maka diperlukan waktu pengembangan yang
relative lebih singkat 1-2 bulan.
3. SmartPhones/PocketPC. Aplikasi games yang jalan
pada mobile devices bersistem operasi Windows Mobile 2003/2004 ataupun
windows mobile 5.0. Product yang memiliki target market status ekonomi
A,B dan karakter pengusaha/ eksekutif muda sangat cocok apabila
menggunakan media PocketPC/SmartPhones sebagai bagian aktivitas kegiatan
advertising. Games bertemakan strategi ataupun simulasi bisnis pada
umumnya lebih disukai oleh orang-orang golongan ini. Waktu pengembangan
biasanya memerlukan waktu 3-6 bulan tergantung dengan kompleksitas games
tersebut
4.CellPhones / Mobile Phones. Aplikasi games untuk
cell-phones atau mobile phones sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk
mendapatkan potensial pelanggan dengan golongan Status Ekonomi Responden
A,B dan C. Produk yang memiliki target golongan ABG, remaja, anak
kuliah, eksekutif muda sangat tepat menggunakan media ini, mengingat
pada golongan inilah mereka suka sekali mencoba dan mengeksplorasi
features aplikasi yang tersedia pada mobile/cellphones mereka. Mereka
biasanya aktif mencari aplikasi bersifat fun atau game yang dapat
mengisi waktu senggang mereka. Waktu pengembangan untuk membuat aplikasi
pada devices ini relative lebih pendek yaitu 1-3 bulan tergantung
dengan kompleksitas games tersebut.
SEJARAH PERKEMBANGAN GAMES
Generasi game pertama muncul dari ATARI 2600 merupakan konsole game pertama yhang sukses di mansanya atari 2600 ini
dirilis pada oktober 1977, setelah sukses pada generasi pertama atari
tidak menyerah sampai disitu saja untuk memajukan dunia game elektronik
pada generasi kedua muncullah atari 7800 konsol ini
dirilis pada juni 1986 pada atari 7800 ini ada sedikit kemajuan dengan
menambahkan joystik sehingga user dapat lebih mudah untuk memainkan
konsole game ini.
Lalu setelah Atari 7800 ada NES Nintendo
entertaintment System nah inilah konsole permainan pertama kali yang
menggunakan 8 bit nah Nintendo ini menghasilkan produk produk game yang
lain daripada yang lain salah satu game yang compatible dengan NES ini
adalah super mario bros. Setelah NES laris manis dengan super marionya
lalu muncul lagi konsole game Sega Mega Drive sega mega drive ini merupakan generasi ke tiga dari dunia game sega menggunakan 16 bit dan dirilis pada tahun 1988.
Kalau tadi Nintendo dikenal dengan super mario brossnya sega juga
tidak mau kalah dengan mengeluarkan game sonic the hedhog. Pada generasi
ke empat dari sejarah game produksi game semakin menjamur dan
berkembang pesat salah satu contoh pada generasi ke empat ini lahirlah
playstation merupakan salah satu game konsole terlaris dan menurut saya
terbaik di indonesia bahkan di dunia merupakan terobosan baru di dunia
game dengan menggunakan 32 bit.
KONSEP DASAR GAME
Ada 2 cara yang dapat digunakan dalam membuat game, yaitu :
- Dengan membuat sendiri program yang akan digunakan untuk membuat game ( umumnya professional game developer yang menggunakan cara ini).
- Dengan menggunakan program jadi yang tinggal kita gunakan.
Untuk membuat program sendiri tidak akan kita bahas disini karena tujuan penulisan ini adalah untuk amateur game developer , tapi sekedar pengetahuan saja, untuk membuat program sendiri kita harus memahami bahasa pemrograman , dan untuk membuat program sendiri, kita dapat menggunakan “Visual Basic”, “C++”,dll.
- The 3D Gamemaker
- 3D RPG BUILDER
- Game Maker
- RPG Maker
- FPS Creator
sumber::
http://witanduty.wordpress.com/6/
www.google.com
http://gilangraden.blogspot.com/2012/03/pengantar-teknologi-game.html
No comments:
Post a Comment