Assalamualaikum Wr Wb,. pada kesempatan perdana ini saya akan memostingkan tentang tugas saya yaitu "Essay tentang pengalaman pribadi dalam membuat Sistem Informasi",kenapa saya bilang perdana karena memang ini postingan pertama saya di Blog ini sebenernya sudah lumayan banyak saya buat Blog tapi karena jarang di buka jadi lupa password nya jadinya ya bikin baru lagi dan yang ini yang terbaru (semoga ga lupa lg) jadi maap aja kalo Blognya masih bersih kayak rumah baru di tempatin gitu :D. lanjut ke topik.. jadi saya/kami/kita disuru menceritakan pengalaman pribadi tentang membuat sistem informasi pada awalnya saya bingung mau nulis apa? tapi saya tanya2,liat sana liat sini akhirnya saya mengerti ya walaupun sedikit,tapi gpp saya akan coba #fighting..tugas ini "Desain Pemodelan Grafik" sebenernya simpel tapi waktunya yang mepet membuat saya agak kelabakan ya untungnya cuma tiga paragraf #ingat "3 Paragraf",. :D langsung ke topik..
Sebelum saya menceritakan pengalaman saya lebih baik kita mengenal terlebih dahulu apa itu sistem informasi?? menurut embah google :: Sistem adalah himpunan elemen elemen yang saling berhubungan, bergantung, berinteraksi dengan suatu tujuan,sedangkan Informasi adalah pengetahuan dari hasil pengolahan data-data yang berhubungan menjadi sebuah kesimpulan, jadi dapat disimpulkan Sistem Informasi adalah kumpulan dari beberapa elemen- elemen atau unsur-unsur yang saling berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu untuk mendapatkan kesimpulannya. Sistem Informasi itu dikategorikan menjadi empat bagian yaitu ::
- Sistem Informasi Manajemen
- Sistem Pendukung Keputusan
- Sistem Informasi Eksekutif
- Sistem Pemrosesan Transaksi
Waktu saya tingkat 2 semester pertama,saya mendapatkan mata kuliah Sistem Informasi Akuntansi atau SIAK ini.pada matkul ini saya di ajarkan tentang segala sesuatu yang berkenaan dengan Akuntansi.fungsi SIAK itu sendiri antara lain Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi,Memproses data menjadi informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan,Melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi.dengan kata lain matkul ini mengajarkan tentang memenajemen suatu sistem keuangan yang baik dan benar,sebenernya sih gampang2 susah matkul ini tergantung niatnya untuk mempelajarinya.kebetulan pada matkul ini terdapat prakteknya yaitu seperti membuat sistem transaksi jual beli,membuat administrasi, membuat pembukuan transaksi dan sebagainya yang berkaitan dengan akutansi, kebetulan lagi pada praktek ini menggunakan program aplikasi yang bernama "MYOB",MyoB itu sendiri adalah Software Manajemen untuk perusahaan skala kecil menengah yang menawarkan bermacam fitur yang bertujuan untuk memantau kinerja perusahaan.adapun kegunaannya yaitu sebagai Alat bantu orang – orang untuk menyelesaikan pekerjaan akuntansi, Menghemat waktu dalam mengelola dan menjalankan pembukuan, membantu kita dalam proses penjualan dan pembelian, track piutang dagang (receivable), hutang dagang (payables) and pajak (GST), email your quotes dan invoice dan banyak lagi – semuanya hanya dengan meng-klik beberapa tombol saja,dsb.ini beberapa tampilan MyoB ::
Sebenernya cukup mudah menggunakan software ini karena petunjuk2nya jelas ditampilkan, tidak terlalu bikin pusing kita hanya cukup memasukan data-data yang sudah kita dapat ke software ini sesuai dengan jenisnya seperti transaksi jual atau beli,jumlah mata uang, kas tunai dll.seperti gambar di atas cuma (ada cumanya) ketika data yang akan dimasukan itu buanyak itu lah yang bikin pusing kalo yang sudah terbiasa sih gpp.. wah ngomong2 sudah "3 paragraf" nih,y ud cukup sampai disini dulu postingan kali ini maaf kalau ada kekurangan karena pasti banyak kekurangannya dari blognya aja msih kosong melompong gini maklum ini baru di bikin lagi hehe.
wassalammualaikum Wr Wb..
No comments:
Post a Comment